India (New Delhi - Agra - Jodhpur - Jaisalmer)

Yak, trip kali ini, kami memilih #india. Sungguh pilihan yang absurd memang, dari jepang, penang, lalu #india  pilihan perjalanan gue dan temen-temen. Trip bersama temen-teman lama yang pernah pergi di beberapa trip gue sih.

Rencana ini di mulai saat april 2018 ini, prita whatsapp gue dan bilang, minat ke india gak? Duhhhh klo minat ya minat, cuma ya yang gw tau tentang india Taj Mahal the one and only. Dan pada akhirnya kita sepakat pergi ber empat, gue, prita, hatni, lysya, berdasarkan dari beberapa artikel yang pernah di baca, india itu banyak copet dan tidak terlalu di rekomendasian untuk cewe-cewe doank (grup cewe) untuk bepergian ke india #dan kami tetep pergi haha.

Beli tiket udah, dengan drama cicilan 3x hahaha!!! Biar pd tau, karena hidup harus tetep berjalan yekaaannnn makanya pilih cicilan 3x.

The day 8 sept 2018
Pesawat kami transit di bangkok sabtu lalu, jeda 1,5 jam lanjut perjalanan Bkk #india. Sebenernya di pesawat dari Bkk ke india aja gue udh merasa deg2an, bahkan sebelum berangkat sih ya, atau mungkin gue laper makanya deg2an #apeu

Pas di pesawat dari bkk menuju india ini ya si rangorang #india ini sangat sulit di atur, sungguh deh gemes kan ya, suruh pake sitbelt aja mesti 2-3x disuruh. Trus selama di penerbangan, bbrp orang tetep buka beberapa media sosial mereka sampai hampir mendaratpun kudu di tegor gitu sama petugasnya.
Akhirnya setelah penerbangan selama kurang lebih 4 jam 30 menit dari bangkok, kami sampai di bandara Indira Ghandi Int'l, jangan kalian pikir kek bandara internasional yang lain ya heueheue.

Dan lalu, kami naik taksi ke penginapan, temen gue order taksi bandara biar aman, agak mahal sih kena 1400 rupee gitu, dan temen gue lupa ambil kembalian atau entah mereka sengaja lupa ga ngasih kembalian 😐

Oh ya, rutinitas sebelom naek taksi/uber adalah hompimpa. Untuk menentukan siapa yg duduk di depan hahahha, coz we know orang india terkenal dengan bau rempah mereka, yang lebih parahnya temen gue bilang mereka terkenal dengan negeri seribu ketek wkwkwkwkwk.

Dapet lah supir yg katanya sudah 31th jd driver, dan bilang “knp kalian nginep di Hauz village? Itu kan kawasan elite dan jauh dr kota, klo mau downtown aja, deket kemana-mana” tampaknya sih pinginnya dia, kita berubah fikiran buat pindah hostel ke daerah downtown, tapi kami tetap bertahan dengan bookingan hostel kami.

Tibalah kami di hauz khaz village, itu kan malem minggu ya, gila banget deh emang lokasi kita nginep itu semacam banyak club ajep-ajep. Karena si bapak taksi itu ga mau masuk ke dalem dan kemungkinan klo masuk gang dia akan stuck ga bisa puter balik karena macet sodara-sodara. Jadi kami turun sambil geret2 koper dan melewati kawula muda yang lagi asik ajep-ajep, wagelaseh baru nyampe banget udah drama hahhaa.

Letsbunk phostel nama penginapannya di new delhi, tempatnya ok luas banget gitu dapet kamarnya. Kami booking yg familyroom, 1 kasur besar dan 1 ranjang bertingkat, kamar mandi dan toilet terpisah, dan yg gue bilang tadi, kamarnya luas banget, sayangnya gue ga sempet foto.

Hari pertama di delhi, tujuan kita ke Qutb Minar deh mumpung masih pagi. berhubung kami ga mau nego-negoan klo naek tuk-tuk jadi selama di delhi kami memutuskan naik Uber kemanapun kami menuju #halahhh

setelah dari Qutb Minar, tujuan selanjutnya adalah Lotus temple. Wow banget ya orang india ini, klo hari libur itu memang Familyday atau apalah, mereka memenuhi tempat itu juga donk. Kami ada di antrian yang lumayan panjang, jadi si lotus tempe ini gue juga kurang faham sih ya untuk orang hindu atau kristen, soalnya yang masuk orang hindu, tapi tempatnya udah ky gereja gitu. Fotonya ga gue lampirin soalnya males mindahin dari hp hihi.
Tujuan selanjutnya adalah Humayuns tomb, lokasi masuknya agak saru. di map kemana, dan ga semua tukang tuk-tuk tau, agak aneh sih. pas kemarin maki ke sini lokasinya agak ketutup sama lokasi yang melakukan renovasi, dan debu berterbangan dimana-mana genks.

Lanjut ke Redfort, tapi berhubung antrianya panjang banget ya Alloh. akhirnya kita nyerah, soalnya sebelumnya di lotus temple itu udah antri dan panas-panasan. kalo dari yang kita liat, orang india itu haus hiburan banget, di depan redfort itu kalau pas weekend ada semacam pasar malem, jadi semua tumplek blek di lokasi itu.

panas banget kan itu ampe pada nyureng semua
berhubung lokasi dari redfort itu deket ke mesjid jami, kami memutuskan untuk ke sana sekalian shalat. tapi subahanallah, kondisinya mengecewakan bagi gue yang muslim ngeliatnya tuh sedih, kotor banget, trus di tangga naiknya itu banyak yang minta-minta dan gue rasa itu muslim sana. dan yang lucu shalatnya harus tepat waktu, soalnya tempatnya kek di batasi ga boleh masuk lagi, kecuali lo laki kayaknya sih.
Senin pagi kami naik kereta menuju #agra, pesen uber dari penginapan ternyata dapet mobil yg pake CNG, alhasil koper cuma muat 1 di bagasi, sisa 3 koper di pangku umpel-umpelan di bangku belakang.

Sesampainya di stasiun kereta new delhi, kita buru2 nyari kereta kita ada di peron berapa, dan ada bapak2 yg berpenampilan biasa bilang kereta kita di cancel, kami di minta menanyakan lebih lanjut ke arah masuk peron, bertanyalah kami ke si bapak2 itu dia bilang hal yang sama kalo kereta kami di cancel, dan kami bisa minta pergantian tiket yang cancel tersebut. Jujur, pas denger hal itu gue langsung inget link yang di kasih lysya klo ada traveller dari indonesia mengalami hal yang sama, di bilang keretanya cancel. Pas dia selesai jelasin kita harus kemana gue sok-sokan mau langsung naek aja ke peron 1-15 eh gue di bentak dia, dia bilang tukerin aja tiket kereta kalian yg cancel, tp bukan di situ. Dan akhirnya kita pura2 percaya dan belok ke arah pembelian tiket, pas dia lengah kita cabs langsung ke arah peron 1-15. And you know what, kereta menuju Agra tetep ada dan gak di cancel uhuhuhu serem bangettttt. Pas di dalem kereta pun gue masih nanya sama penumpang yang ada di situ, sayangnya kedua penumpang kereta yang gue tanya ga bisa bahasa inggris, tapi setidaknya dia faham kalo tujuan kita ber-4 itu ke Agra.

Perjalanan kereta dari New Delhi ke Agra sekitar 6 jam, dan jangan harap semacam di indonesia yang klo tiap stasiun lo bakal denger halo-halo klo itu udah ada di stasiun mana, edinnnn clueless banget hahaha.
Sesampainya di Agra, wow ga jauh beda Stasiunnya semacam di New Delhi, teteub kumuh aja cuy!!!

Keluar dari stasiun agra, kita coba cari uber, ternyata uber ga ada di agra, jadi harus naik tuk-tuk kemana-mana. Oia keterbatasan bahasa juga jadi kendala sama supir tuk-tuk nya, pas menuju homestay kita di agra sempet muter-muter ga jelas, padahal deket sebetulnya. Anyway homestay kita di agra super enak banget, pemiliknya juga baik, makanannya enakkkkk. kita pesen nasi gitu sih selama di homestay, sama dapet sarapan yg standar sih roti, telur gitu, tp untuk masak di bolehin.

untuk menuju Taj Mahal dari homestay, hanya perlu jalan kaki sekitar 500 meter. dan yak akhirnya kita jalan subuh demi dapet sunrise di agra. Jalan kaki sekitar 20 menit, tenyata jauh cuy!!! beli tiket masuk ke Taj Mahal 1100 rupee/orang dan antri, bonus air mineral doank sist, pemeriksaannya ketat banget.temen gue kan bawa speaker portable gitu, ceritanya kita mau joget-jogetan gitu di sana, eh dia ga boleh bawa itu dan di suruh di titipin di tempat penitipan hahahha.

abis dari Taj mahal bingung gitu mau ngapain lagi, pdahal emang rencananya mau ke agra fort. tapi mager, dan lalu bobok-bobokan di homestay. akhirnya kita memutuskan berangkat ke agra fort, cari tuk-tuk tawar menawar, dan berhasil dapet harga rupee untuk perjalanan pulang pergi.

Sampai di Blue City Jodhpur sekitar jam 12 siang, mataharinya lagi lucu banget haha. nyalain GPS untuk cari Hostel kita, tinggal jalan ga jauh sekitar 150 meter dari stasiun jodhpur. oh iya, cuma di Jodhpur stasiun keretanya yang kita temui ada Lift, Subhanallah banget ga geret-geret koper naik turun tangga hahaha. Tapi tidak berakhir di situ, hostel kita tangganya curam banget brayy, kek tebing keraton curamnya :)) ancat deh kaga di bantuin pula sama babang-babangnya.

Kota Jaisalmer adalah tujuan terakhir selama gue dan temen-temen ada di india, turun kereta auranya beda cuy, serius!!!. kota ini jauh lebih tenang di banding jodhpur, padahal Jodhpur juga udah lebih baik dari 2 kota sebelumnya. Dari stasiunnya pun jauhhh lebih bersih dari delhi dan agra, tukang tuk-tuk yang tidak memaksa semacam di jodhpur juga sih.