Paspor baruku E-Paspor

kali ini gue mau cerita tentang Proses pembuatan E-Passpor, soalnya november 2017 paspor gue abis masa berlakunya. dan rencananya Februari 2018 besok gue mao ke jepaanggggg yeeeaaayyy *noraaakkk

Jadi untuk pembuatan paspor biasa bisa di lakukan di kanim atau UPT Imigrasi manapun, tapi ga berlaku untuk pembuatan E-passpor. Pembuatan E-Passpor hanya bisa dilakukan di kanim pusat saja, dan harus melalui https://antrian.imigrasi.go.id/ kalian sign up dulu dan buat account gitu.
Sebaiknya sih download aja aplikasinya di android cari aja antrian paspor. pengalaman gue, kemarin log in dari PC ga bisa keliatan tanggal berapa aja di Kanim yang kita pilh itu yang masih ada Kuotanya. Sedangkan klo pake aplikasi di handphone bisa langsung di pilihin tanggalnya, tinggal kita pilih waktunya pagi atau siang, itu pun klo masih ada Kuotanya, sebenernya gue ga ngerti berapa Kuota yang di kasih sama Kanim Pusat untuk pembuatan E-passpor per harinya.

Oke, akhirnya gue bisa dapet antrian E-pass di Kanim Jakarta Barat yang lokasinya di dekat Kota Tua, Yaksip lumayan yak perjalanan BSD-Kota Tua. tapi demi E-pass yakkkk, dari antrian paspor ke tanggal wawancara dan foto itu lumayan deh hampir sebulan, jadi klo yang buru-buru bikin Paspor kyanya BHAYYYY, atau mungkin masih bisa pake calo, mungkinnnn.

Dari aplikasi si antrian paspor itu gue dapet panggilan wawancara & foto tanggal 7 November 2017 jam 11.00, gue nyampe Kanim Jakbar jam 10.00 tapi sayangnya di kanim itu ga terlalu banyak informasi SOP pas dateng kita harus kemana dan ngapin gitu. klo pun ada kita harus nanya, dan nanyanya antri!!!. Tapi setelah nanya, katanya klo emang jadwal jam 11.00 tunggu aja, nanti di panggil, ternyata memang betul nanti di panggil sama satpam, "antrian Paspor jam Sebelaaassss", dan kita ngantri lagi untuk ngasih berkas yang harus di siapkan untuk wawancara itu, persyaratan paspor masih sama ya.
  1. KTP Asli + copy
  2. Akta Lahir + copy
  3. Kartu keluarga + copy
  4. Buku Nikah
  5. dan Paspor Lama (klo udah punya)

yang ngeselin pas kemarin pembuatan paspor, dari 6 atau 7 petugas imigrasi yang bertugas, yang operasional cuma 3 aja (liat aja gambar di bawah, jeda angka yang di panggil juga terpampang NYATA) pas sebelum istirahat siang, dan jam istirahat pun mulai sebelum jam 12.00 kan KZL, jadi gue kena panggil setelah istirahat makan siang dll.


saat wawancara di tanya buat apa bikin paspor dan la la la, yang di minta liatin yang asli cuma KTP sih, akta lahir sama kartu keluarga ga di tanya sama sekali, tapi amannya sih bawa aja sih yang asli itu.

proses pembuatan paspor rata-rata 3 hari kerja setelah kita bayar administrasinya, berhubung lokasi agak jauh dari rumah dan kantor, gue ga bisa membuktikan si 3 hari kerja itu, jadi gue baru bisa ambil 7 hari setelah gue bayar.

oke, itu pengalaman pembuatan paspor pake jalur daftar online yang berlaku tahun 2017 ini, semoga info dari gue bisa bantu temen-temen yang akan bikin paspor yaaa.

Comments