(akhirnya) Backpakeran Ke Korea

Annyeong Korea, setelah nunggu perjalanan ke korea ini kayanya super lama, secara beli tiket kapan berangkat kapan, waktu berangkat tiba juga *huffhhh*

berangkat ke korea sebenernya bareng 6 orang lainnya, cuma waktu berangkatnya aja beda jam berangkat. gue sama Lysya kebetulan berangkat duluan, dari Kuala Lumpur, dari jakarta gue sendiri menuju KLIA2 soalnya mau bareng di jam yang sama bareng lysya udah full, yasud akhirnya ambil penerbangan yang lebih dulu dari penerbangan lysya. 

eniweiii penerbangan KL-Seoul itu cuma 6 jam, lumayan kan bisa tidur xixixi, secara penerbangan menuju Seoul ini gue dapet yang malem.
sampai di Incheon Airport yang besaaarrrr dan megaaahhhhhh, langsung menuju proses imigrasi syukurlah gak begitu lama, ngeri sih awalnya, katanya bakal di tanya ini itu, tapi Hamdalah aman -aman aja tuh.

sebelum meninggalkan Inceheon, kita membeli T-Money Card dulu, T-Money ini di gunakan untuk naik kendaraan (bus atau subway) selama kita jalan-jalan nanti, masukan deposit jadi nanti saldo langsung berkurang otomatis tinggal Tap aja klo naik-naik kendaraan, ga repot, ringkes bangetttt. 

dapet hotel di trick art hostel daerah hongdae, deket koq dari stasiun, jalan kaki cuma 10 menit, cuma klo pertama kali nyampe mah pasti kederrrrr. keluar stasiun nyari wifi haratissss, untung ketemu orang korea yang baik dan bisa bahas inggris, dia nunjukin hostel kita, alhamdulillah, bisa rebahan and mandi, haha

berhubung temen-temen yang lain belom pada daerng, gue dan ysya memutuskan ke imjingak, perbatasan korsel & korut, biasanya sih harus ikut tour DMX gitu, ihhh tapi mahil, kita mah yang mure-mure aja lah yaaakk
hari ketiga jadwalnya padet nih, makanya sarapannya harus banyak, langsung cabs dari Trickart hostel langsung bawa gembolan, eh bisa di titip sih di trick artnya, malemnya kita akan ke busan jadi udah di packing
-Gyeongbokgung Palace (Gyeongbokgung Station exit 5)-Blue House (Cuma lihat dari jauh)-National Folk Museum (numpang lewat)-Samcheongdong-gil Road-Bukchon Hanok Village (tidak kesampean dan harus di postponed)-Changdeokgung Palace & Huwon(Secret Garden)-Insadong-Trickart hostel-Seoul Station-Busan

oia kalau ingin mengunjungi Gyeongbokgung Palace dan Secret Garden, lebih hemat beli tiket terusan KRW 10.000 yang bisa digunakan untuk 4 Palace (Gyeongbokgung, Changdeokgung+Secret Garden, Changgyeonggung, Deoksugong) dan juga Jongmyo Shrine. Untuk informasi operating hours, tiket masuk dan lokasi bisa langsung dicek di web. terus ya Booking online tour Secret Garden (free) minimal 1 hari sebelumnya disini. karena setiap tour dibatasi cuma 50 orang. Tempat ini menurut saya wajib untuk dikungjungi, karena sanat indah yang berlokasi didalam area Changdeokgung Palace, musim yang paling bagus untuk mengunjunginya adalah musim gugur.



Day 4, Hostel – Gamcheon Culture Vilage-Igadae Park-Oryukdo Skywalk-Hostel-Jagalchi Market (jagalchi station exit 10)-Shinsegae Centum City Mall - Gwangalli Beach & Gwangandaegyo Bridge (Gwangan Station exit 5)
  • Untuk menuju Gamcheon naik subway ke Toseong Station, keluar dari exit 6 jalan terus dan belok kanan di sudut jalan dan jalan lurus saja sampai ketemu bus stop di depan Pusan National University Hospital (cancer centre), naik bus 1-1,2,2-2 minta diturunin aja di Gamcheon (pasti banyak yang turun disini), Gamcheon ini lokasinya sebelum halte, jadi waktu turun di bus stop kita harus berjalan sedikit dari arah bus datang. Gamcheon Village ini berbentuk huruf U, sebagian tempat yang dihighlight di map tidak berada di ruas jalan utama tetapi di ruas jalan kecil diatas (agak menanjak sedikit). Jika telah selesai explore Gamcheon sebaiknya putar balik saja ke arah dari arah kita datang karena lebih dekat. Jalan terus juga bisa (yang kami lakukan), tetapi ternyata lebih jauh, kira kira 1 bus stop. Untuk kembali ke subway kita harus naik bis di sebrang jalan dan naik bis yang sama ke arah station, turun disebrang jalan subway (tidak persis didepannya).
  • Long Trail Igadae Park – Oryudo Skywalk (3 jam trekking) 



Day 5, Hostel-Gamcheon Culture Village-Haedong Yonggungsa Temple-Gukje Market(Gukje Station exit 7) -Hostel-Sokcho 
Yonggungsa Temple dapat dicapai dari Haeundae Station (exit 7), naik bis 181 didepan exit tersebut (bus stop berada tepat didepan kita saat keluar dari exit 7), turun di halte Yonggungsa Temple, dari halte ini harus jalan 30 menit lagi untuk sampai ke lokasi. 

Day 6, Seoraksan National Park 
Naik bis no 7 atau 7.1 dari Sokcho Express/Intercity Bus Terminal atau bus stop lainnya di sekitar hotel, sepanjang bus stop tersebut dilewati. Kalau dari Rocustel lokasi bus stopnya adalah di seberang kanan jalan Rocustel, berjalan sekitar 7 menit dari hotel (lama perjalanan bus sekitar 30-45 menit).
Puncak tertinggi adalah Daecheongbon (1,708m) tetapi yang paling umum didatangi adalah Ulsanbawi Rock (sekitar 3,3km dengan perjalanan sekitar 3 jam) dan Gwonggeumseong Fortress yang dicapai dengan Cable Car (KRW 9000), di lokasi National Park ini terdapat juga Baekdamsa Temple dan juga air terjun Biryong. 



Day 7, Sokcho-Nami Island-Petite France-The Garden of Morning Clam-Cheongpyeong station-Silloam Sauna (Seoul)
Sokcho – Nami, dari Sokcho intercity terminal naik bus ke Chuncheon Intercity bis kemudian dari sini naik bis lagi ke Cheongpyeong Terminal, dari terminal ini kita bisa langsung naik Cheongpyeong tour bus (sama dengan Gapyeong tour bus) ke Nami, Petite dan The Garden Morning Clam.

Day 8, Silloam Sauna-Orange Hongdae Guesthouse-Naksan Park & Ihwa Mural Village (Hyewa Station exit 2)-Bukchon Hanok Village- Myeongdong-Namsan Tower-Hotel





Day 10, Hostel-Airport-KL
keliling putra jaya, berdua sama lysya udah semacan orang gajelas hahaha
dan akhirnya jenk lysya merasakan nasi lemak cimenk yang fenomenal itu di bukit bintang

Comments